Menuju Palu Tertib, Yuk Disiplin Berlalu Lintas

PALU-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu mengimbau kepada seluruh warga pengguna jalan di wilayahnya untuk tetap disiplin dalam berlalu lintas.

“Pendidikan disiplin dalam berlalu lintas merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Palu, Bripka Mukaram kepada Sulteng Post di Palu.

Hanya saja kata Mukaram, saat ini masih banyak orang yang mengabaikannya dengan berbagai macam alasan.
Padahal kata dia, lantaran kurangnya disiplin dalam berkendara menyebabkan nyawa terbuang sia-sia akibat kecelakaan lalu lintas.

Dia mencontohkan, beberapa bukti kurang disiplinnya pengguna jalan dalam berlalu lintas yakni masih banyaknya pengendara baik sepeda motor maupun mobil yang menerobos traffic light atau biasa disebut dengan lampu merah.

“Kalau sudah menyala lampu kuning kami imbau untuk persiapan berhenti, bukan malah tancap gas. Contoh (pelanggaran) seperti itu yang sering kita jumpai di jalan,” katanya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh nasabah dan karyawan perbankan agar tidak memarkir kendaraannya di tepi jalan nasional seperti Jalan Muhammad Hatta, Jalan Sam Ratulangi, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada karyawan apotek, dokter praktik, dan pasien untuk tidak memarkir kendaraannya di kawasan Jalan Wolter Monginsidi yang merupakan jalan nasional, khususnya pada malam hari.

Meski tidak ada rambu-rambu yang dipasang di tepi jalan itu, namun pihaknya tetap bisa memberikan tindakan langsung (tilang) kepada para pelanggar karena memicu terjadinya kemacetan lalu lintas.

“Untuk itu kami mengimbau kepada warga Kota Palu marilah kita menanamkan disiplin berlalu lintas demi keamanan dan ketertiban, serta kelancaran berlalu lintas sesuai dengan slogan kami “Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan,” tegasnya.

Sebab menurut dia, pemahaman terhadap rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas sangatlah penting. Selain terkait dengan keselamatan berkendara diri sendiri, juga melibatkan keselamatan pengendara lain.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: