Lapor Jika Temukan Pelanggaran Pilkada

SULTENG POST- Masyarakat diminta untuk berpartisipasi dalam melakukan pengawasan atas berbagai pelanggaran terhadap seluruh proses pelaksanaan pilkada serentak tahun ini.

Hal ini disampaikan pimpinan Bawaslu Sulteng, Asrifai pada sosialisasi strategi pengawasan partisipasi masyarakat untuk pilgub, pilbup dan pilwakot di salah satu hotel di Tolitoli baru-baru ini.

Menurutnya, kesuksesan terselenggaranya pilkada bukan semata-mata ditentukan oleh pihak penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu melainkan peran semua pihak.

Ia menjelaskan secara spesifik, partisipasi pengawasan masyarakat berupa laporan apabila menemukan pelanggaran selama peroses tahapan pilkada berlangsung.

Rifai menambahkan untuk strategi pengawasan oleh masyarakat, dibagi menjadi tiga poin penting, pertama partisipatif yakni mengajak atau mengimbau kepada masyarakat lainnya untuk mengikuti aturan yang ada, kedua langkah preventif merupakan langkah pencegahan sebelum terjadinya pelanggaran, dan represif, langkah tindakan yang dilakukan apabila segala upaya telah ditempuh dan gagal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: