Warga Sigi Minta Tower SUTT Dipindahkan

SULTENG POST- Puluhan warga asal Desa Pombewe dan Desa Loru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi ramai-ramai mendatangi kantor camat Biromaru, Jumat,(11/9/2015) di Jalan Karanja Lembah, Desa Mpanau.

Kedatangan mereka bermaksud mengadukan pembangunan tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang melewati pemukiman di kedua desa tersebut untuk dipindahkan ke jalur yang tidak padat penduduk melalui perbukitan.

Aspar, salah seorang warga Loru saat berdialog dengan camat Biromaru mengatakan, mestinya pembangunan jaringan SUTT dari arah Desa Oloboju ditarik lurus lewat pinggiran pegunungan sampai Desa Ngata Baru.

“Bukan malah turun membentuk leter U lewat perkampungan warga,” ujar Aspar.
Menurutnya, bukannya warga menolak terhadap rencana pembangunan listrik di daerahnya, namun yang warga inginkan pembangunan tower itu tidak merugikan masyarakat.

“Kalau pak camat tidak bisa mengambil keputusan, kami minta pak camat bisa membantu mempertemukan warga dengan pak bupati atau gubernur untuk menyelesaikan persoalan ini,” harap Rival warga Loru yang lain.

Menanggapi penggaduan warganya, Camat Biromaru, Ruslan menjelaskan sebenarnya sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi terkait dengan rencana pembangun tower SUTT di dua desa tersebut.

Namun, pihaknya juga mengakui dalam sosialisasi masih belum maksimal dan tidak melibatkan langsung pihak PLN tetapi dari pihak independen yakni akademisi Untad untuk menjelaskan ke warga terkait dampak radiasi yang ditimbulkan.

“Karena saya tidak punya kewenangan untuk memindahkan tower yang sudah terlanjur berdiri, nanti kita sama-sama menghadap bupati atau gubernur,” ujar Ruslan yang sudah menjabat camat dua tahun lebih itu.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi (Kabagkop) Polres Sigi, Kompol Abd.Azis yang turut hadir bersama Danramil Biromaru F.M Rompis dan Kapolsek Biromaru, AKP Fendi, dalam pertemuan tersebut menghimbau, agar masalah yang sedang dihadapi warga diselesaikan dengan kepala dingin, melalui dialog untuk mencari kesepakatan bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: