Energi Panas Bumi Terbuka untuk Investor

POSO, – Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Investasi Poso, Farid Awad menegaskan, berbagai potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Kabupaten Poso terbuka kepada investasi, khususnya di sektor energi. Sebelumnya, Kepala Dinas ESDM Poso, Rosano Padaga, mengemukakan adanya potensi panas bumi yang bisa menghasilkan listrik berkapasitas 50 megawatt di Desa Maranda, Kecamatan Poso Pesisir Utara, namun hingga kini potensi ini belum begitu terekspos.

Diterangkan Farid, potensi panas bumi di Maranda diperkirakan hanya berkedalaman 1000 meter dan keberadaan panas bumi ini tidak berasosiasi dengan gunung berapi. Berdasarkan hasil pengukuran Badan Geothermal Bandung, potensinya bisa menghasilkan listrik sebesar 50 MW. Tercatat total ada 11 titik potensi panas bumi di wilayah Kabupaten Poso. Namun menurut Rosano, baru 1 titik yang bisa dikelola untuk menghasilkan listrik.

Pemda Poso sebenarnya telah mempermudah para pemodal untuk datang mengelola potensi ini lewat perda no 1 tahun 2013. Perda ini mempermudah pengajuan jenis izin usaha kecil dan menengah maupun investasi dalam dan luar negeri.

“Hingga sekarang kita membuka peluang usaha yang disertai kemudahan dalam proses penerbitan izin usahanya,”kata Farid Awad.

Dia menjamin modal yang ditanam di Kabupaten Poso akan aman. Saat ini beberapa perusahaan yang sudah menanamkan modalnya di sektor energi adalah PT Arkora dengan lokasi di Desa Panjoka, Kecamatan Pamona Utara, PT Kilo Trans Energi yang akan mengelola potensi energi air menjadi listrik di Desa Kilo dengan kapasitas 10 MW, izin perusahaan ini sudah diterbitkan oleh Pemda Poso.(mercusuar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: