Pemkot Palu Targetkan 2019 Palu Bebas Kumuh

Palu- Pemkot Palu di Sulawesi Tengah menargetkan pada 2019, ibu kota provinsi itu sudah bebas dari permukiman kumuh.

Artinya, kata staf ahli Wali Kota Palu bidang ekonomi dan keuangan, Presly Tamoubolon, di Palu, Kamis tidak ada lagi kekukumuhan di seluruh kecamatan yang ada di kota ini.

Hal itu disampaikanya pada rapat koordinasi BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) dengan para lurah dan tim fasilitator program KOTAKU (kota tanpa kumuh) yang berlangsung di Kantor Wali Kota Palu.

Presly mengatakan program tersebut akan berhasil, jika semua pihak, termasuk BKM yang ada di setiap kelurahan bersama masyarakat mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di masing-masing permukiman penduduk.

Dalam program KOTAKU, kata mantan Kepala Badan Pemberdayaan Kota Palu itu, peran BKM masih sangat besar seperti pada program P2KP dan PNPM Perkotaan yang telah berjalan sejak 2005 sampai 2015.

Data menunjukan ada sekitar 9,12 persen rumah tangga dari 64,1 juta di Indonesia yang hingga kini tinggal di dalam kondisi rumah yang tidak layak huni.

Seluas 38.431 hektare terdapat kawasan permukiman kumuh dan diantaranya 85,50 hektare berada di wilayah Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Guna menyukseskan program KOTAKU yang dicanangkan oleh Wali Kota Palu dalam lima tahun masa kepemimpinan Hidayat bersama Wakil Wali Kota, Sigit Purnomo Said, maka harus ada kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan stakeholder, termasuk didalamnya adalah BKM.

Ia menegaskan peran BKM sangat strategis dalam program KOTAKU.

Kontribusi BKM diperkirakan menapai 65 persen dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan selama beberapa tahun ke depan ini.

Karena itu, semua kelembagaan BKM yang ada di Kota Palu akan mendapat penguatan sehingga program KOTAKU yang telah ditargetkan Pemkot 2019 bebas kumuh dapat terwujudkan.

Karena itu, Presly meminta agar BKM dan seluruh perangkatnya yang tersebar di 45 kelurahan dari delapan kecamatan di Palu benar-benar mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan program KOTAKU. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: