Disnakertrans Sulteng Kembangkan Layanan Persuratan Elektronik

Palu – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulteng mengembangkan pengelolaan layanan persuratan melalui aplikasi tata naskah dinas elektronik bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), melalui Soft launching yang berlangsung di ruang kerja Kadis Nakertrans disaksikan wakil Gubernur Sulteng dan undangan lainnya belum lama ini.

“Saat ini memang masih soft launching karena masih ada hal-hal yang perlu dibenahi agar bekerja maksimal. Diupayakan Januari 2016 sudah dapat digunakan secara full,” ujar Kadis Nakertrans Sulteng, Abd Razak.

Abd Razak menjelaskan, aplikasi itu akan memudahkan dalam pengecekan surat masuk maupun surat keluar di Disnakertrans. Selain itu dapat menghemat anggaran untuk pembelian kertas, SDM dan efesiensi waktu.

“Jadi nanti kalau ada surat masuk dari instansi lain, ketika didisposisi kepala-kepala bidang dan UPT, saya bisa mengetahui terkait tindak lanjutnya lewat aplikasi ini,” jelasnya.

Kadis menyebutkan jika pihaknya sangat membubuhkan aplikasi tata naskah dinas elektronik ini. Mengingat Disnakertrans Sulteng terpisah di beberapa tempat dengan jarak yang berjauhan, seperti UPT Pembinaan Pengembangan Transimgrasi berada di Jl Banteng.

“Dengan jarak berjauhan, saya agak kesulitan memonitor, tapi dengan adanya layanan media elektronik bisa diketahui surat sudah diterima, dibaca dan ditindak lanjuti,” tutur Abd Razak.

Nantinya aplikasi elektronik tersebut akan terkoneksi dengan instansi- instansi di pusat maupun di daerah yang telah memiliki aplikasi sama.

Diharapkan layanan persuratan di Disnakertrans Sulteng dapat lebih baik dari sebelumnya.MS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: