PLN Palu Jamin Ketersediaan Listrik Untuk Natal

Palu- PLN Area Palu di Sulawesi Tengah menjamin ketersediaan listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Natal dan Tahun Baru di daerah itu.

“Kami sudah mempersiapkan dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan-gangguan pada mesin pembangkit dan jaringan listrik dengan menyiapkan petugas,” kata Manager PT PLN Area Palu, Novalince Pamuso di Palu, Senin.

Ia mengatakan, khusus Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) milik PLN dalam kondisi baik.

Beberapa waktu lalu ada sejumlah mesin pembangkit PLN yang mengalami gangguan dan sudah kembali beroperasi.

Novalince berharap semua pembangkit, termasuk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang selama ini mensuplai daya ke PLN beroperasi dengan baik.

Sebab jika ada salah satu dari PLTA, PLTU maupun PLTD mengalami gangguan, dipastikan suplai listrik kepada pelanggan tidak akan berjalan normal.

Artinya, jika defisit daya dalam jumlah besar, dipastikan ada pemadaman bergilir.

“Menurut dia, itu sama sekali tidak diinginkan, mengingat kebutuhan listrik menghadapi Natal dan Tahun Baru dipastikan meningkat dari hari-hari sebelumnya,” kata dia.

Dua pekan menjelang Natal, penggunaan listrik mengalami peningkatan.Namun demikian masih dapat diimbangi karena ketersediaan daya masih cukup.

Selama tidak ada gangguan pada pembangkit dan jaringan listrik, suplai daya kepada konsumen tetap berjalan normal seperti yang terjadi sekarang ini.

Ia menegaskan telah menyiapkan petugas untuk 1×24 jam jika terjadi gangguan pada jaringan atau gardu listrik langsung memperbaikinya.

Begitu pula teknisi yang ada di PLTD Silae. “Mereka tetap stanby di tempat,” katanya. ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: