KPU Poso Gelar Pemungutan Ulang di Satu TPS

Poso- Komisi Pemilihan Umum Poso (KPU) Poso melakukan pemilihan ulang kepala daerah untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso, menyusul adanya pelanggaran pilkada yang dilakukan warga pemilih saat melakukan pencoblosan.

Sebanyak 549 pemilih di TPS 3 Kelurahan Kasintuwu, Kecamatan Poso Kota Utara, Sabtu pagi (12/12/2015) kembali mendatangi TPS untuk melakukan pemilihan ulang.

Dimana pemilihan ulang ini dilakukan, akibat adanya pelanggaran pilkada pada pencoblosan Bupati dan wakil Bupati Poso, Rabu 9 Desember lalu yang dilakukan warga dengan menerima lebih dari satu surat suara. Bahkan warga tersebut melakukan pencoblosan pemilihan Pilbup lebih dari satu kali pencoblosan.

Terkait temuan ini, pihak Panwaslih Kabupaten Poso menetapkan pelaksanaan pemilihan di TPS tersebut menyalahi aturan. Sehingga harus dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). Dalam pelaksanan pemilihan ulang ini pihak penyelenggara juga mengganti ketua serta seluruh anggota KPPS.

Ketua Panwaslih Kabupaten Poso Abdul Malik Saleh mengatakan, jika pelanggaran tersebut sudah menyalahi aturan pilkada, sehingga pihak kpu wajib melakukan pemilihan ulang.

“Di TPS tiga berdasarkan laporan dari pengawas kecamatan di temukan pelanggaran, saat pencoblosan ada salah seorang pemilih yang terima surat suara bupati lebih dari satu, sehingga kami merekomendasi untuk pemilihan ulang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Poso Taufik Hidayat menjelaskan, berdasarkan hasil rapat pleno pihak kpu menetapkan untuk melakukan pemilihan ulang di TPS 3. Namun pemilihan tersebut hanya untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Poso.

“Hari ini adalah hari yang ditetapkan dari hasil rapat Pleno KPU Poso untuk dinyatakan sebagai hari pemungutan suara ulang karena adanya pelanggaran pilkada,” kata Taufik.

Dalam Pelaksanaan pemilihan ulang tersebut berjalan dengan lancar dan aman, sejumlah anggota kepolisian Polres Poso juga melakukan penjagaan super ketat selama proses pemilihan ulang berlangsung.MS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: