Kawasan Di Sepanjang Das Ditetapkan Rawan Bencana

Palu – Kawasan pemukiman yang terletak di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Kota Palu, Sulawesi tengah, ditetapkan sebagai daerah rawan bencana, apabila terjadi hujan yang menimbulkan banjir.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Pemkot Palu, Ansyar Sutiadi, Senin di Palu mengemukakan, berdasarkan berbagai laporan mengenai identifikasi daerah rawan bencana di Kota Palu, bencana alam yang terjadi, cenderung menimpa masyarakat di sekitar DAS.

“Informasi secara umum bahwa bencana yang sering terjadi dan relatif berulang, terjadi di lokasi yang sama dan walaupun kurang menimbulkan korban, namun menimbulkan kerusakan yang berarti seperti bencana banjir yang terjadi pada kawasan dalam Kota Palu,” ungkapnya.

Ia mengatakan, terdapat beberapa kelurahan di Kota palu, yang cenderung tertimpa bencana alam, seperti Kelurahan Ujuna, Kelurahan Lere, Kelurahan Besusu, Kelurahan Silae, dan Kalora, serta daerah lain yang berada di sepanjang daerah aliran sungai.

Kelurahan tersebut tertimpa bencana secara berulang-ulang berupa banjir, jika terjadi hujan di daerah tersebut, dengan intensitas yang tinggi.

Dengan demikian, perlu dilakukan upaya pencegahan untuk melindungi dan mempersiapkan masyarakat di daerah rawan bencana tersebut, dengan mengedepankan langkah antisipatif berupa perencanaan dini secara efektif.

“Ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan pemerintah dan masyarakat untuk bersiap siaga dalam menghadapi keadaan darurat karena bencana, jika memang akan terjadi,” katanya.

Beruntung sepanjang tahun 2015 ini, hampir tidak ada kejadian bencana yang berarti dikota palu, yang dapat menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa.

Namun hal tersebut tidak harus membuat masyarakat dan pemerintah lalai dalam mempersiapkan ketahanan masyarakat terhadap potensi bencana yang ada disekitarnya.ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: