Mahasiswa IAIN Palu Bakar Foto Setya Novanto

Palu – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Dewan Mahasiswa (DEMA) IAIN Palu gelar aksi damai di depan kampus IAIN untuk menuntut agar ketua DPR RI Setya Novanto mundur sebagai wakil rakyat, Senin (7/12/2015).

Aksi mahasiswa tersebut juga menuntut agar Setya Novanto dipecat dari jabatannya sebagai ketua DPR RI.

Dalam orasinya Presiden Mahasiswa (Presma) IAIN Palu, Sahrul menyebutkan bahwa seluruh elemen mahasiswa IAIN Palu juga minta agar penegak hukum segera memproses kasus rekaman ‘Papa Minta Saham’ yang telah mencatut nama Presiden RI Joko Widodo.

“Ketika DPR dihuni oleh orang-orang jahat, maka kami menyatakan perang untuk menyelamatkan kehormatan rakyat. Ini tidak bisa dibiarkan, Setya Novanto harus segera diberhentikan sebagai ketua DPR dan kasus ini harus segara dibawa ke pengadilan karena telah mempertaruhkan harga diri 260 juta rakyat Indonesia,” tegasnya.

Menurut Koordinator Lapangan aksi Ubaidillah kepada Metrosulawesi, selain tuntutan pemberhentian jabatan sebagai ketua DPR RI, massa dalam aksi juga meminta kepada pemerintah agar segera menasionalisasikan perusahaan Freeport demi terwujudnya kemandirian ekonomi Indonesia.

“Kita akan lihat perkembangan sidang di MKD, kalau tidak sesuai dengan keinginan rakyat maka kita akan mencoba melakukan aksi dengan massa yang lebih besar lagi, dan kita berharap kepada pemerintah untuk segera mengambil alih aset kepemilikan dan juga saham Freeport dan tidak usah lagi meperpanjang kontraknya,” tuturnya.

Aksi yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut diisi dengan berbagai orasi ilmiah dan juga pembacaan puisi serta aksi teatrikal dan pada akhir aksi, massa membakar 1000 foto Setya Novanto sebagai simbol kekecewaan terhadap politisi partai Golkar tersebut.ms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: