Sudarto Apresiasi Perkembangan BPADD Sulteng

PALU– Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H Sudarto mengapresiasi perkembangan Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPADD) Sulteng pada peresmian pasca renovasi gedung yang beralamat di Jl Banteng, Sabtu (5/12/2015).

Perkembangan tersebut menurut wagub pantas diberi apresiasi karena melihat kelayakan fasilitas, sarana dan prasana serta koleksi buku yang ada saat ini di BPADD Sulteng. Sudarto berharap, semua fasilitas yang disiapkan dapat diakses dan dimanfaatkan setiap elemen masyarakat sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saya mengapresiasi atas kinerja yang telah dilakukan oleh kepala BPADD Sulteng bersama jajarannya, yang telah berupaya keras untuk mewujudkan fungsi perpustakaan sebagai tempat menarik, melalui renovasi gedung perpustakaan agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” ujar Sudarto dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulteng.

Kinerja pembangunan yang diukur dengan indeks pembangunan manusia (IPM) di Sulteng kata Sudarto, salah satu tugas dari perpustakaan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan intelektual masyarakat. Sudarto mengungkapkan IPM Sulteng saat ini berada pada posisi 23 dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kondisi ini menunjukkan bahwa kualitas SDM masyarakat di Sulawesi tengah masih perlu mendapat perhatian untuk lebih ditingkatkan,” katanya.

Sementara kepala BPADD Sulteng, Irwan Lahace mengatakan pemerintah pusat dan daerah berkewajiban menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

“Dengan ketersediaan layanan perpustakaan yang memadai merupakan upaya agar masyarakat merasakan kenyamanan dalam memanfaatkan perpustakaan. Upaya ini dimaksudkan untuk lebih memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung,” tutur Irwan Lahace.

Selain peresmian pasca renovasi BPADD Sulteng, juga dilakukan peresmian BI Corner atau sudut baca Bank Indonesia (BI). BI Corner merupkan kerjasama antara BPADD Sulteng dengan BI perwakilan Sulteng. Sudut baca BI tersebut terdapat dilantai satu BPADD Sulteng dengan fasilitas yang megah, berupa penyediaan buku-buku terbaru, monitor digital dan sofa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: