Pelabuhan Pantoloan akan Diperluas Dua Kilometer

PALU-Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berencana memperluas kawasan pelabuhan Pantoloan Palu hingga mencapai panjang dua kilometer.

Kepala Dinas Perhubungan Sulteng Hindro Surahmat mengatakan konsentrasi kegiatan di Pelabuhan Pantoloan saat ini tidak hanya melayani penumpang tapi lebih pada pelayanan barang (kontainer).

“Jangka pendek akan diperluas sepanjang 650 meter dan jangka panjang sampai 2.000 meter pada sisi kanan dan kiri,” ujarnya, Kamis (3/12/2015).

Ia menjelaskan perluasan itu dipersiapkan untuk daya tampung kontainer yang lebih banyak. Selain itu mengingat pergerakan transportasi laut saat ini cenderung pada pergerakan arus transportasi barang.

“Pergerakan penumpang sudah menggunakan angkutan udara, ini berhubungan dengan kecepatan, sehingga itu menunjukan pertumbuhan ekonomi yang lebih bagus di Sulteng,” terangnya.

Ke depannya, kata dia, modifikasi kapal Pelni akan digabungkan antara penumpang dan kontainer sehingga layanan penumpang semuannya sama.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng, pelabuhan muat Pantoloan memberikan kontribusi ekspor sebesar 2,24 ribu ton atau 2,37 juta US Dolar pada bulan Oktober 2015.

Sementara periode Januari sampai Oktober 2015 menyumbang sebesar 33,88 ribu ton atau 30,85 juta dolar AS.
Sementara untuk kontribusi ekspor memberikan kontribusi sebesar 0,06 ribu ton atau 0,25 juta US Dolar pada bulan Oktober 2015. Sementara periode Januari sampai Oktober 2015 menyumbang sebesar 15,18 ribu ton atau 25,84 juta dolar AS.ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: