Grand Launching SIM Online, Ratusan Warga Antre Perpanjang SIM

PALU-Polda Sulawesi Tengah akhirnya meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online di wilayahnya bersamaan dengan polda lainnya di seluruh Indonesia, Minggu (6/12/2015).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi atas nama Presiden Joko Widodo meluncurkan SIM online secara nasional di Lapangan Parkir Timur Senayan Jakarta.

Sementara Grand Launching SIM online oleh Polda Sulteng yang dikemas dalam kegiatan “Sehari Bersama Polisi Lalu Lintas” itu dipusatkan di Anjungan Pantai Talise, Minggu (6/12/2015).

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng AKBP Amin Litarso yang ditemui Sulteng Post mengatakan, kehadiran SIM online dapat membantu warga dalam perpanjangan SIM, yakni dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, meskipun SIM asal dari lain kota.

“Hal ini akan memudahkan warga maupun para pelajar yang sedang melaksanakan kegiatan, pekerjaan, maupun studi di luar kota dalam jangka waktu yang lama. Jadi mereka tidak repot lagi balik ke kota asalnya dimana dia membuat SIM, namun dia bisa perpanjang SIMnya di kota manapun dia berada sekarang,” ungkapnya.

Pengurusan SIM online tersebut, kata dia dapat diurus di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polres Palu yang saat ini berkantor di kantor Walikota.

“Saat ini ada 45 Satpas yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk saat ini di Sulteng kami bisa layani di kantor Walikota. Kedepan kami berharap ada penambahan kantor pelayanan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan yang lebih baik lagi,” katanya.

Grand launching yang digelar kemarin, lanjut dia telah dibuka layanan perpanjangan SIM online di tempat acara.
Antusias masyarakat untuk mengurus SIM online begitu besar.

Hal itu terlihat warga rela mengantre begitu pelayanan SIM dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.
Sekitar 140 berkas yang masuk ke petugas untuk pengurusan perpanjangan SIM A ataupun SIM C.

“Kami selalu berkomitmen memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat dengan terus meningkatkan kinerja pelayanan kami,” tutur Amin Litarso.

Kegiatan itu juga dihadiri Wakapolda Sulteng Kombes Polisi Leo Bona Lubis dan sejumlah pejabat utama polda diantaranya, Direktur Lalu Lintas Kombes Polisi Agus Salim dan pejabat dari instansi terkait.
Dalam kegiatan itu, pihaknya memberikan sejumlah kemudahan dan keringanan kepada para pemohon khusus SIM A dan C online di wilayahnya.

Sebanyak 50 orang pemohon pertama diberikan keringanan gratis psikotes dan surat keterangan kesehatan atau kir dokter.

Dalam acara itu kata dia, akan diisi dengan pelayanan SIM dan STNK, serta pelayanan kesehatan gratis.
Selain itu, ada pula lomba mewarnai bagi murid TK dengan hadiah-hadiah menarik, pendidikan masyarakat seperti disediakan taman lalu lintas untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan serta APIL (alat pemberi isyarat lalu lintas).
Ada juga penampilan Brigadir Band dan atraksi polisi cilik serta berbagai atraksi lainnya.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: