Tingkatkan Ketersediaan Pangan, Pemerintah Gagas Wisata Pertanian

PALU-Pemerintah Kota Palu dan pemerintah Sulawesi Tengah, gagas wisata pertanian daerah. Hal itu dilakukan melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP). Gagasan itu dilakukan dalam upaya peningkatan dan ketersediaan pangan.

Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kota Palu, Mardiati, Jumat, mengatakan, wisata pertanian merupakan langkah pemerintah untuk mewujudkan ketersediaan pangan.

“kami ingin mendorong semua kelurahan untuk memiliki atau menyediakan lahan pertanian, yang dipadukan dengan konsep wisata,” kata Mardiati.

Dia menyebut, pihaknya akan mendorong kelurahan untuk mewujudkan wisata pertanian, sebagai upayah dalam menangkal terjadinya pendangkalan pangan. Dengan demikian, setiap kelurahan akan diminta untuk menyediakan lahan, yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata pertanian. Kata dia, lahan yang disediakan tidak harus berluasan hektare, melainkan ketersediaannya sesuai dengan kemampuan kelurahan menyediakannya.

“tidak ada standar luasan lahan wisata pertanian, tetapi hal ini tergantung dari kemampuan kelurahan menyediakan,” kata dia.

Ia menyebutkan, pihaknya akan menyediakan bibit serta benih untuk kepentingan budidaya di sektor pertanian, serta pendampingan termasuk pelatihan pengelolaan dan pengembangan wisata pertanian.

Karena itu, lanjut dia dibutuhkan peran aktif dari kelurahan dalam penyediaan lahan wisata pertanian tersebut. Dia mengatakan, wisata pertanian sekaligus menjadi pilot projek yang pengelolaannya akan diberikan kepada kelurahan.

“pengelolaannya murni dikelola oleh kelurahan, kami hanya akan melakukan kontrol dan monitoring serta pendampingan,” ujarnya. ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: