Antisipasi Kecurangan Pilkada Fajar Abadi Latih Saksi TPS

POSO-Untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam proses pemungutan maupun perhitungan suara di tingkat TPS pada Pilkada Poso, Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Poso nomor urut 2 , Frany Djaru’u – Abd. Gani T Israel (Fajar Abadi) menggelar pelatihan saksi tingkat TPS, Kamis (3/12/2015)

Pelatihan saksi Pilkada yang digelar di gedung Wanita Poso tersebut, dihadiri oleh 481 orang peserta. Dalam pelatihan tersebut, seluruh peserta gabungan saksi Paslon nomor 2 dari 481 jumlah TPS tersebut diberikan sejumlah materi seperti cara pengisian formulir C1, perhitungan surat suara serta tata cara pemungutan suara ulang.

Selain pemberian materi, para saksi yang sudah terlatih tersebut nantinya ditugaskan khusus untuk mengawal perolehan suara pasangan Fajar Abadi saat pencoblosan berlangsung hingga perhitungan suara.

Ketua KPU Poso,Taufik Hidayat usai membawakan materi mengatakan pihaknya mengapresiasi setiap Paslon yang bersedia memberikan pelatihan khusus kepada saksinya yang akan ditempatkan di TPS. KPU berharap agar pelatihan tersebut bisa dilakukan oleh seluruh Paslon untuk mengawasi secara langsung jalannya pilkada yang jujur dan adil.

“Sebagai Ketua KPU Poso saya dipanggil oleh pasangan nomor urut 2 untuk membawakan materi pelatihan saksi TPS Paslon, pelatihan saksi ini memang sangat penting dan perlu dilakukan mengingat saksi tersebut yang melihat langsung peroses pemilihan di setiap TPS, karena itu saya berharap Paslon lain juga bisa melatih saksinya sebelum ditugaskan” ungkap Taufik.

Acara pelatihan dan pembekalan saksi diharapkan mampu memberikan kontribusi dan motivasi terhadap Paslon lainnya demi menciptakan Pilkada Poso yang aman dan tertib. Khusus untuk Pilkada Bupati-Wakil Bupati kabupaten Poso, jumlah peserta terdiri dari empat Paslon masing-masing nomor urut 1 Amdjad Lawasa-Max Nover, Nomor urut 2 Franny Jaruu-Abdul Gani, nomor urut 3)Wirabumi Kaluti-Krisnajaya dan pasangan nomor 4 Darmin Sigilipu-Samsuri.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: