Menuju Palu Tertib, Berbelok Tanpa Sein Didenda

PALU-Satuan Lalu Lintas Polres Palu mengimbau kepada para pengguna jalan agar membiasakan menggunakan lampu penunjuk arah (sein) atau menggunakan tangan sebagai isyarat saat akan berbelok ataupun berbalik arah.

Aturan tersebut tertulis pada undang-undang lalu lintas Nomor 22 tahun 2009, pada pasal 294 jo pasal 112 ayat 1 yang bertuliskan, tidak memberi isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan saat akan berbelok atau berbalik arah akan dikenakan denda sebesar Rp250 ribu.

“Penggunaan lampu sein saat hendak berbelok berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain yang ada di depan, belakang dan samping bahwa kita akan berbalik arah,” kata KBO Satlantas Polres Palu Ipda Timur Amboina kepada Sulteng Post di Palu.

Selain itu kata dia, pengguna jalan juga wajib memberi isyarat menggunakan lampu sein saat akan mendahului atau menyalip kendaraan pada jalan yang tak memiliki pembatas.

“Penggunaan lampu sein secara cermat dalam berkendara dapat memberi manfaat besar, khususnya mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas. Jadi biasakan menggunakan lampu sein atau memberi isyarat saat akan merubah arah kendaraan,” katanya. SULTEMGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: