Ekspedisi Kapsul Waktu 2015-2085, Jadikan Palu Pusat Perdagangan Internasional

PALU-Ekspedisi kapsul waktu 2085 merupakan sebuah gerakan untuk menggelorakan semangat bekerja Indonesia digagas oleh Presiden RI Joko Widodo.

Secara khusus Penjabat Wali Kota Palu, Drs H Moh Hidayat Lamakarate MSi telah meluncurkan piagam ekspedisi Kapsul waktu 2015-2085 bertajuk impian dan harapan Walikota Palu menjadikan Kota Palu sebagai pusat perdagangan Internasional dunia.

Penjabat Wali Kota Palu telah melepas tim Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW) di halaman kantor walikota, Senin (30/11/2015) menuju ke provinsi Gorontalo.

Secara singkat Hidayat mengatakan bahwa ekspedisi kapsul tersebut adalah sebuah kegiatan berupa perjalanan panjang menguntai pulau-pulau di nusantara mulai dari Sabang hingga Merauke.

Ekspedisi ini dicanangkan Presiden Joko Widodo ini akan menempuh perjalanan dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, dimana Indonesia Raya akan melintasi waktu dari tahun 2015 sampai 2085.

Dikatakannya, bahwa kapsul waktu yang berisi harapan dan impian generasi muda dari setiap daerah ini, akan melintasi waktu selama 70 tahun. Harapan dan impian dari seluruh daerah itu akan disimpan/ditanam di museum Marauke, kemudian akan dibuka kembali pada 2085 mendatang.

Perjalanan kapsul waktu yang melintasi daerah dari Sabang dan berakhir di Marauke ini, merupakan gerakan nasional 70 tahun Indonesia merdeka yakni “Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Pembaruan Kebangsaan Indonesia”.

Sebutnya lagi, bahwa Kota Palu mempunyai harapan untuk 70 tahun mendatang. Harapan tersbeut adalah terciptanya masyarakat kota tanjungpinang yang maju, tetapi tetap memegang teguh adat dan budaya melayu sebagai landasan kehidupan bermasyarakat.

“Harapan dan impian masyarakat kota Palu, kami ukirkan dalam suatu piagam yang kami sebut dengan piagam harapan kota Palu bertajuk impian dan harapan walikota Palu menjadikan kota Palu sebagai pusat perdagangan Internasional dunia,” kata Hidayat.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: