Parmout Kelebihan Surat Suara 133 Lembar

PARMOUT-Berdasarkan hasil pelipatan dan sortiran yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Parmout, terdapat kelebihan surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng sebanyak 133 lembar.

Hal itu diungkapkan Komisioner KPUD Parmout Divisi Logistik, Zainudin yang ditemui Sulteng Post diruang kerjanya, Kamis (26/11).

Dia mengatakan, sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Parmout 300.938 orang dan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb1) sebanyak 850 orang ditambah cadangan 2,5 persen, surat suara yang dibutuhkan pada Pilgub Sulteng nantinya sebanyak 308.416 lembar. Setelah dilakukan penghitungan kembali, pasca pelipatan dan sortiran dilakukan terdapat kelebihan sebanyak 133 lembar.

“Ini masih data sementara, kami melakukan penghitungan kembali surat suara yang telah kami terima dari pihak KPU Provinsi Sulteng ini,” ujarnya.

Bukan hanya terdapat kelebihan surat suara kata dia, tetapi pada saat pelipatan dan sortir pihaknya juga menemukan kerusakan surat suara sebanyak 116 lembar. Dimana pada surat suara yang diterima itu, ditemukan beberapa lembar yang kusut, terkena bercak tinta dan terdapat surat suara yang tidak terpisah antara lembar yang satu dengan lainnya.

Dia menambahkan, kekurangan dan kelebihan surat suara yang ditemukan pihaknya tersebut akan sesegera mungkin dilaporkan kepada KPU Provinsi Sulteng. Sebab, dari tanggal 25-30 November merupakan batas klaim untuk surat suara.
“Kami akan langsung koordinasikan kepada pihak Provinsi karena memang batas klaimnya sampai tanggal 30 November ini terkait logistic, apakah kurang, rusak maupun lebih,” jelasnya.

Selain itu menurut dia, pihaknya juga masih mengalami kekurangan lembaran formulir C6 yang telah didistribusikan KPU Provinsi Sulteng. Berdasarkan hasil sortiran yang dilakukan, 151.319 lembar kekurangan dari 301.788 lembar yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan Pilgub tanggal 9 Desember mendatang.

“Untuk formulir C6 yang kami terima 150.469 lembar yang baru kami terima. Kami dijanjikan seluruh kekurangan itu akan dipenuhi hari ini juga (kemarin),” kata dia.

Dia berharap, pengelolahan logistik tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga, pelaksaan pemungutan suara untuk Pilgub di Kabupaten Parmout yang telah dijadwalkan bulan depan, dapat berjalan dengan sukses.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: