Penanganan Sampah Perlu Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat

Palu – Penanganan sampah harus dilakukan secara bersama secara aktif antara masyarakat dengan pemerintah. Demikian diungkapkan Sekretaris Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Lucky Ferdinand saat ditemui Metrosulawesi di ruang kerjanya, Senin (23/11/2015).

Menurutnya, tanpa ada sinergitas antara keduanya, penanganan kebersihan sampah tidak akan berjalan dengan baik.

“Kita di Kelurahan Lolu Utara selalu berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan Kota Palu dan juga masyarakat dalam masalah sampah ini, kita juga dibantu instansi terkait seperti BLH Kota Palu dan juga Kodim yang memberikan bantuan 1 unit kendaraan pengangkut sampah,” ujarnya.

Meski begitu, Lucky juga mengungkapkan bahwa sempitnya lahan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) akibat banyaknya volume sampah juga jadi salah satu kendala dalam penanganan sampah di Lolu Utara.

“Masyarakat masih enggan meminjamkan tanahnya untuk dijadikan lahan pembuangan sampah yang baru, sedangkan dua lokasi TPS kita kondisinya sudah sangat sempit,” ungkapnya.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat Lolu Utara agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melaporkan kepada pihak RT/RW jika terjadi penumpukan sampah di titik-titik tertentu.

“Laporkan, nanti akan kita tindak lanjuti, karena kita selalu berkoordinasi dengan dinas kebersihan kota Palu, jadi jika ada sampah menumpuk akan segera diangkut,” tegasnya.ms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: