Menuju Palu Tertib, Patuhi Rambu-rambu di Jalan

PALU-Pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu mengimbau kalangan pelajar di wilayahnya untuk tidak bosan-bosannya mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan.

“Setiap berkendara di jalan harus mematuhi peraturan lalu lintas. Perhatikan selalu rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan,” imbau Kepala Satlantas Polres Palu AKP Naima Akase kepada Sulteng Post.

Dia menjelaskan, rambu-rambu adalah bagian perlengkapan jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat, dan/atau perpaduan yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi pengguna jalan.

Ada empat jenis golongan rambu lalu lintas, rambu larangan, rambu peringatan, rambu perintah, dan rambu petunjuk.
Rambu larangan adalah, rambu yang menyatakan perbuatan yang dilarang dilakukan oleh pengguna jalan seperti dilarang parkir dan dilarang berhenti.

Rambu peringatan, rambu yang digunakan untuk menyatakan kemungkinan adanya suatu bahaya.
Sementara rambu perintah adalah rambu yang digunakan untuk menyatakan perintah wajib dilakukan oleh pengguna jalan.
Selanjutnya, rambu petunjuk adalah rambu yang digunakan untuk menyatakan petunjuk mengenai jurusan, jalan, situasi kota, tempat, pengaturan, fasilitas bagi pemakai jalan.

Pada UU Nomor 22 Tahun 2009, khususnya pada pasal 287 ayat 1 menyatakan, “setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000,”.

Sementara itu, pada UU itu juga khususnya pasal 275 ayat 2 menyebutkan, “setiap orang yang merusak rambu larangan, marka, alat pemberi isyarat lalu lintas sehingga tidak berfungsi, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000.

Selain rambu-rambu, Naima juga mengingatkan kepada pengendara sepeda motor untuk tidak lupa menyalakan lampu di siang dan malam hari.

Menurut dia, penggunaan sabuk keselamatan bagi setiap pengemudi dan penumpang kendaraan roda empat juga sangatlah penting.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: