BPPKB Morowali Sosialisasi Pencegahan Tindak Kekerasan

Bungku – Badan Pemberdayaan Perempuaan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Morowali, melalui Bidang Pendampingan, Perlindungan dan Advokasi, menggelar sosialisasi upaya perlindungan perempuan terhadap tindak kekerasan.

Sosialisasi tersebut dihadiri Sekretaris I P2TP2A Provinsi Sulawesi Tengah, Laode Hamisi, camat, ketua dan anggota PKK, pengurus Wanita Islam, serta pengurus lembaga P2TP2A Kabupaten Morowali.

Kegiatan dibuka Kepala BPPKB Kabupaten Morowali, Nurullah Garusu, yang berlangsung di aula pertemuan kantor BPPKB Kabupaten Morowali, baru-baru ini.

Pada kesempatan itu, Nurullah Garusu mengatakan, selaku penanggung jawab mengapresiasi dilaksanakannya sosialisasi tersebut. Karena kegiatan tersebut bermakna sangat positif dalam mendukung upaya penghapusan bentuk kekerasan, yang sering terjadi di lingkungan rumah tangga maupun di tempat lainnya.

“Kita semua patut mensyukuri adanya upaya pemerintah menyusun UU Nomor 23 Tahun 2004 mengenai Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Setiap warga negara berhak mendapatkan rasa aman, serta bebas dari segala bentuk kekerasan, sebagaimana tertuang dalam falsafah Pancasila dan UUD 1945,” ujar Nurullah.

Berdasarkan SK Bupati Morowali Nomor 188.4.45/KEP.0102/BPPKB/2015, telah dibentuk Lembaga P2TP2A, dalam rangka mewujudkan kesetaraan jender dan perlindungan anak di bidang penegakan hak asasi manusia, dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat.

Dikatakan Nurullah, memperhatikan fenomena kekerasan yang kerap terjadi terhadap kaum perempuan dan anak-anak, maka upaya perlindungan secara hukum perlu dilakukan. Kekerasan dalam rumah tangga merupakan pelanggaran hak asasi manusia, dan tidak sepantasnya lagi terjadi di lingkungan masyarakat.

“Keutuhan dan kerukunan rumah tangga yang bahagia, tentram dan damai, merupakan dambaan setiap orang. Saya berharap, mari kita terus meningkatkan kewaspadaan dan memperdalam penguatan pemahaman nilai-nilai agama. Sehingga, apapun bentuk kekerasan tidak akan terjadi di daerah kita,” harap Nurullah.MS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: