Sulteng Butuh Banyak Pelabuhan Penghubung

Palu– Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sulawesi Tengah Hindro Surahmad menyebutkan, Sulteng masih membutuhkan banyak pelabuhan laut untuk tipe penghubung, karena daerah ini terdiri atas beberapa pulau kecil. Demikian hal ini dia katakan kepada Metrosulawesi akhir pekan lalu.

Menurut Hindro, untuk daerah yang rencananya akan dibangun pelabuhan laut tahun 2016 adalah wilayah Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, masing-masing di pulau Sonit, Timpaus, Ribo Rumbia, Salakan dan Marsole.

“Banggai membutuhkan banyak tambahan pelabuhan, Insyaallah tahun depan mulai dibangun lima pelabuhan tipe penghubung,” ujarnya.

Perlu diketahui, untuk wilayah pulau Sonit dan Timpaus berbatasan langsung dengan wilayah provinsi Maluku Selatan. Kedua pulau tersebut hingga saat ini diklaim sebagai wilayah Kabupaten Sula Provinsi Maluku Selatan, bahkan pada masa pemerintahan Gubernur Paliudju, Bupati Sula pernah mengirim surat protes ke Pemprov Sulteng.

Hal ini ditanggapi dengan sengit Gubernur Paliudju masa itu karena merasa direndahkan, sebagai reaksinya Paliudju menyurat ke Kemendagri untuk menyampaikan sikap dan perilaku Bupati Sula tersebut.

Selain itu, Kabupaten Tojo Unauna juga akan dibangun satu lagi pelabuhan laut untuk tipe penghubung.

“Saat ini sedang dalam tahap Feasibility Study (studi kelayakan) oleh pemerintah pusat,” imbuhnya.

Khusus untuk pelabuhan Pantoloan dan Donggala, kata Hindro, kedua pelabuhan akan dilakukan peningkatan. Karena kedua pelabuhan ini sudah berbeda pengelolaan, dari yang dahulunya Pelabuhan Donggala dalam satu manajemen pengelolaan dengan Pelabuhan Pantoloan.

“Manajemen pengelolaan Pelabuhan Donggala sudah terpisah dengan Pelabuhan Pantoloan, itu yang sering disebut orang pelabuhan Pantoloan pindah ke Donggala, jadi bukan pindah tetapi peningkatan,” tutupnya.MS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: