Lima Pejabat Sulteng Terima Penghargaan Dharma Pertahanan

Palu – Kementerian Pertahanan RI memberikan penghargaan Dharma Pertahanan kepada lima pejabat sipil dan TNI di Provinsi Sulawesi Tengah atas jasa mereka menyukseskan pelaksanaan Sail Tomini 2015 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, 19 September 2015.

Tanda jasa tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pertahanan Nomor KEP/737/M/VIII/2015 tanggal 12 Agustus 2015 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Dharma Pertahanan yang dikutip Antara Palu, Senin.

Para pejabat yang mendapatkan tanda jasa Dharma Pertahanan itu masing-masing Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu sebagai penghargaan atas jasa mereka di bidang pembangunan dan dukungan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan Sail Tomini 2015.

Kemudian Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol. Idham Azis sebagai penghargaan karena telah berjasa di bidang keamanan pelaksanaan Sail Tomini 2015.

Sementara Komandan Detasemen TNI AU Palu Mayor (POM) Muhammad Khaerul dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu Kolonel Laut (P) Yanu Madawanto serta Dandrem 132/Palu Kol Inf Syaiful Anwar sebagai penghargaan atas jasa mereka di bidang pertahanan dalam rangka pelaksanaan Sail Tomini 2015.

Tanda jasa itu telah diserahkan oleh Dirjakstra Strahan Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Muhammad Nakir yang mewakili Menteri Pertahanan Ryamizard Riacudu para penerima atau yang mewakili mereka dalam sebuah upacara di Mako Lanal Palu, Sabtu (14/11).

Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan bahari internasional Sail Tomini 2015 yang puncak acaranya dipusatkan di Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, sekitar 75 kilometer tenggara Kota Palu, pada 19 September 2015, dihadiri Presiden Joko Widodo dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Sail Tomini ini dimeriahkan dengan parade kapal perang yang terdiri atas 27 KRI dan enam kapal perang negara tetangga, atraksi fly-pass dua pesawat tempur Sukhoi serta ketangkasan dan kemahiran prajurit dari Paskhas TNI AU dan Marinir dalam terjun payung dan terjun bebas.

Sail Tomini merupakan salah satu kegiatan bahari akbar yang digelar setiap tahun untuk memperkuat eksistensi Indonesia sebagai negara maritim dan memperkuat pertahanan dan keamanan NKRI di laut.ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: