KNPI Sulteng Sosialisasi Pilkada Untuk Pemilih Pemula

Palu – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Tengah mengambil peran dalam menyosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak kepada pemilih pemula di Kota Palu dan kabupaten sekitarnya.

Sekertaris KNPI Sulteng Salim P. Alatas di Palu, Sabtu, mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng terkait peran tersebut.

Selain itu, kata dia, KNPI merupakan representatif pemuda akan terus berusaha meningkatkan partisipasi pemilih, khusunya pemilih pemula.

“Kami telah mengagendakan sosialisasi bagi pemilih pemula tingkat SMA/SMK/SMK/MA dan sederajat, senin (16/11),” katanya.

Salim menjelaskan salah satu fungsi KNPI dalam Anggaran Dasar yakni sebagai perekat kemajemukan pemuda dalam rangka meningkatkan kualitas persatuan dan kesatuan nasional guna mempercepat usaha pencapaian tujuan nasional.

“Di situlah kami mengambil peran penting, karena suksesnya Pilkada sebagai bentuk pesta demokrasi juga merupakan bagian dari pencapaian tujuan nasional,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Sulteng Sahran Raden beberapa waktu lalu mengatakan jumlah pemilih pemula di Sulteng cukup besar, mencapai angka 20 persen.

Karena itu ia berharap peran semua pihak untuk menyosialisaikan kepada mereka, penting hak suara mereka untuk menentuka nasib daerah ini lima tahun yang akan datang.ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: