Resah, Warga Palu Mulai “Lawan” Begal

PALU-Aksi kriminal yakni penjamretan dan pembegalan di Kota Palu benar-benar semakin menggila. Dalam sepekan, aksi pembegalan di Kota Palu terjadi setiap malam. Bahkan, dari sebuah grup Facebook jurnalisme warga Info Kota Palu sejumlah netizen menginfokan terjadi aksi pembegalan terjadi hampir setiap jam.

“Dua malam lalu ponakan sy jadi korban Begal di Jalan Karanja lemba, motornya hancur di amuk begal karna tidak bawa uang dan barang berharga ponakanku jg terluka karna dikeroyok oleg begal (sekitar 4 Orang) .. Pa Polisi dimana kalian? Kota ini so te aman..” keluh seorang netizen dengan akun Iphonk Lamalata di grup Info Kota Palu (IKP) beberapa waktu lalu.

Bahkan, netizen lain juga memposting sebuah keresahan.
“Dalam 1 malam terjd beberapa aksi Pembegalan/ jambret… kemana aparat kepolisian???apa sdh tdk ada intel2 di kepolisian??? Apa Perlu JOKOWI.JK yg turun blusukan…”celetuk netizen dengan akun Maesa Echa.

Aksi pembegalan di Kota Palu memang tak pandang bulu. Sejak sepekan terakhir, dari informasi yang lansir dari grup IKP pembegalan menimpa pria, wanita dari yang dewasa hingga anak-anak.

Parahnya, rata-rata korbannya terluka, baik karena terjatuh dari sepeda motornya akibat aksi penjabretan, hingga masuk rumah sakit akibat tertancap busur panah. Gilanya, busur-busur panah itu ditembakkan dari atas sepeda motor kepada beberapa anak remaja yang sedang jalan kaki di depan rumahnya saat akan berbelanja di kios.

“Aksi begal ini sepertinya terorganisir, sistematis dan masif. Dari pola yang terjadi, memang seperti ada yang menggerakkan. Ini sudah menjadi keresahaan massal di Kota Palu. Yang saya takutkan jika aparat tidak bertindak, akan ada perlawanan warga terhadap begal ini,” kata Neni Muhidin, seorang pegiat literasi di Kota Palu.

“Kalo dapa tangkap, bakar saja begal itu. Supaya mereka tobat,” kata netizen lain dalam komentar-komentar di postingan media sosial. Jika warga sudah melawan, lantas apa fungsi aparat keamanan?.sultengpos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: