Menuju Palu Tertib, Tak Punya SIM Didenda Rp1 Juta

PALU-Ini peringatan bagi para pengendara kendaraan bermotor.
Jika tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Anda bisa didenda hingga Rp1 juta.
“Denda Rp1 juta itu denda maksimal,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Palu AKP Naima Akase kepada Sulteng Post di Palu.

Dia mengatakan, mengenai ketentuan berapa pelanggar harus membayar denda itu nanti sesuai dengan hasil sidangnya di Pengadilan Negeri Palu.

Penetapan denda itu berdasarkan Pasal 281 Undang-undang Nomor Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal tersebut berbunyi, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki surat izin mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp1 juta.

Sementara dalam pasal 77 ayat (1) menyebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki surat izin mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.

Ada lima ayat dalam pasal tersebut. Selain mewajibkan memiliki SIM, dalam pasal tersebut juga dijabarkan mengenai jenis SIM dan mekanisme mendapatkan SIM.

Menurut dia, sebagai warga negara yang sadar hukum, sudah sepatutnya mematuhi hukum.
Naima menuturkan, SIM diberikan kepada pengendara bukan hanya sebagai sertifikat bahwa yang bersangkutan bisa mengemudi.

Namun kata dia, SIM itu dibuat agar pengendara punya pengetahuan berlalu lintas di jalan, demi terhindar dari risiko kecelakaan.sultengpos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: