Sampah di Teluk Palu Dikecam Warga

PALU-Kecaman itu datang dari salah seorang atlet jetski Kota Palu, Giri Pratama. Pasalnya, tindakan tersebut merusak keindahan dan mengotori keindahan Teluk Palu.

Giri Pratama kepada media ini mengkritik keras tindakan warga yang dengan seenaknya membuang sampah di laut tanpa memperhatikan keberlangsungan kehidupan biota laut yang ada di sekitarnya.

Sebagai atlet yang konsen di dunia olahraga balapan air tersebut, pihaknya merasa terganggu dengan tindakan warga yang membuang sampah sembarangan baik langsung ke laut maupun ke sungai.

Menurut Giri, masalah sampah sebenarnya masalah kecil yang bisa diselesaikan oleh pemerintah setempat. Namun, karena kepedulian pemerintah yang kurang, membuat masalah sampah hingga kini belum bisa diselesaikan.

Karena itu, pihaknya meminta pemerintah Kota Palu menseriusi masalah buang sampah secara sembarangan di perairan Teluk Palu.

Dia mengatakan, perairan Teluk Palu memiliki potensi yang sangat baik dikembangkan ke bidang olahraga air, salah satunya olahraga jetski.

Tetapi, karena banyaknya sampah yang berhamburan di tepi pantai membuat keindahan Teluk Palu juga memudar.
Selain itu, pihaknya juga mengkritik buangan limbah plastik yang tidak dapat diurai yang dilakukan salah satu pabrik pengolahan plastik yang terletak di perbatasan Kelurahan Mamboro dan Kelurahan Layana.

Masalahnya, limba plastik yang terbuang dengan sengaja ke laut akan sangat susah untuk terurai. Jika pun bisa, membutuhkan proses yang sangat lama sekali.

Oleh karena itu, ia juga mengecam dengan keras pemilik perusahaan pengolahan plastik yang terkesan tidak bertanggungjawab atas buangan limbah plastiknya di wilayah itu.

“Limbah plastik ini sangat mengganggu kami sebagai atlet jetski, gimana jetski mau berkembang kalau banyak sampah berserakan di pantai,” tutur Giri yang juga pelatih jetski Palu ini.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: