Pasca Dua Hari Mogok Kerja, Karyawan PT KSG Morut Kembali Beraktifitas

Kolonodale – Puluhan karyawan PT. Kirana Sinar Gemilang (PT. KSG) yang bergerak diperkebunan kelapa sawit di Kecamatan Lembo Raya, Kabupaten Morowali Utara, kembali beraktifitas setelah dua hari mogok kerja mendesak.

Koordinator lapangan Dionisius yang juga sebagai Ketua Serikat Pekerja Perkebunan (SP-BUN) PT. KSG kepada Metro Sulawesi mengemukakan, dalam demonstrasi hari kedua, ditemukan jalan dialog dengan dengan pimpinan perusahaan. Dari 12 tuntutan yang diajukan pendemo, tiga masalah yang sulit dipenuhi oleh pihak perusahaan tersebut.

Dalam tuntutan utama, karyawan memohon agar Manager, Slamet Krismas Hutapea segera mundur dari jabatannya. Namun oleh pimpinan pusat meminta diberikan tenggang waktu. Sementara tunjangan beras, bonus produksi, tunjangan kesehatan, tunjangan pendidikan anak, tunjangan pensiun dan perbaikan fasilitas kerja oleh perusahaan bersedia menyanggupi tuntutan tersebut.

Hanya saja, kata Korlap Dionisius, masalah THR dan jam kerja masih yang jadi tuntutan karyawan mengambang. Dimana perusahaan yang mempekerjakan karyawan lebih dari 7 jam, bukan dikenakan lembur melainkan diberi sistem premi. Sementara undang-undang tenaga kerja jelas-jelas mengatur jika pekerja lebih dari 7 jam dikenakan lembur.

“Kami masih akan mengevaluasi pihak perusahaan, jika janji akan memperbaiki sistim kinerja yang penuh intimidasi dan makian oleh Maneger kepada karyawan tidak ada perubahan, maka kami telah siap dengan massa yang lebih besar untuk melakukan demo dan mengusir paksa Manager perusahaan tersebut,” tegas Dionisius,MS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: