KPU Sulteng Gelar Bimtek Pelaporan Dana Kampanye

Palu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah menggelar bimbingan teknis pelaporan dana kampanye, Selasa (10/11/2015) di Kantor KPU Sulteng. Bimtek ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pasangan calon soal mekanisme pelaporan pengeluaran dan penerimaan dana kampanye.

“Bimtek ini sengaja kami lakukan untuk memberi pemahaman kepada pasangan calon agar mengetahui bagaimana tata cara laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). Karena ini adalah laporan yang sangat prinsip sekali,” kata Komisioner Divisi Hukum KPU Sulteng, Naharudin dikantornya, Selasa (10/11/2015).

Dia mengatakan keterlambatan penyetoran laporan dana kampanye akan mengakibatkan konsekuensi hukum yang berat kepada pasangan calon.

“Jika pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan pasangan calon tidak bisa menyerahkan laporan dana kampanye, maka pasangan calon yang bersangkutan kami batalkan sebagai pasangan calon. Oleh karena itu, supaya KPU tidak disalahkan maka kita dari awal mensosialisasikan, mengingatkan kepada parpol, sekaligus kita membimbing secara teknis bagaimana tata cara pelaporannya,” jelasnya.

“Terakhir penyerahan laporan dana kampanye adalah pada tanggal 6 Desember 2015. laporan tersebut harus sudah diterima KPU Sulawesi Tengah. Jadi kami minta media mengawasi ini,” katanya.

Naharudin menegaskan bahwa tidak ada kebijakan yang akan diberikan jika pasangan calon tidak dapat menyerahkan dana kampanye sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Sekarang tidak ada lagi kebijakan waktu penyerahan laporan dana kampanye. Jadi pada 6 Desember Pukul 18.00 batas penyerahan laporan dana kampanye,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan agar pasangan calon tidak melewati batas dana kampanye yang diperbolehkan oleh udang-undang.

“Pembatasan dana kampanye sebesar kurang lebih Rp13 Miliar tidak bisa dilewati pasangan calon. Kami juga akan mengecek apakah ada penymbang yang fiktif. Prinsipnya kami hanya menerima LPPDK pasangan calon saja,” katanya.

“Jadi penyerahan LPPDP ini merata di setiap kabupaten kota. Maka dari itu selain kami mengundang KPU kabupaten kota, tim sukses pasangan calon juga kami undang, agar sosialisasi ini sampai kepada mereka,” katanya.MS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: