ROA: PT.DMA Harus Bayar Pesangon Buruh

Palu – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Relawan Untuk Orang dan Alam (RoA) Sulawesi Tengah mendesak PT. Delta Mutiara Amarta (DMA) untuk membayar upah buruh dan pesangon selama tiga tahun.

“Kami mendesak kepada PT. DMA untuk membayar gaji dua belas orang buruh dan pesangon mereka,” kata Kepala Devisi Riset dan Kampanye ROA Sulteng, Givent Lasimpo, Selasa.

Givent menyebut terdapat dua belas karyawan yang dipekerjakan oleh PT. DMA sebagai tenaga pengamanan tidak dibayarkan gaji bulan Oktober.

Parahnya lagi, katanya, perusahaan melakukan PHK terhadap dua belas `security` itu secara sepihak mulai 1 Oktober 2015.

Pemberhentian kerja bagi 12 tenaga `security` di perusahaan itu, tidak dilakukan dengan surat resmi melainkan lewat SMS.

Menurut dia, pihaknya juga menuntut pembayaran pesangon oleh PT. Citra Palu Mineral (CPM) yang telah mempekerjakan 12 buruh selama satu tahun.

Ia menjelaskan, awalnya 12 buruh berada di bawah naungan PT CPM sejak tahun 2012 – 2013. Namun, PT.CPM melakukan pelimpahan 12 buruh tersebut kepada PT. DMA mulai 2013 sampai 2015.

“Awalnya buruh berada dibawah naungan PT. CPM, tetapi kemudian CPM melimpahkan kepada PT. DMA sejak tahun 2013-2015,” katanya. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: