Pemkot Palu Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Palu – Pemkot Palu, Sulawesi Tengah, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu, khususnya dalam menekan angka kematian bayi.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Palu Emma Sukmawati mengatakan di Palu, Rabu, mengatakan angka kematian ibu melahirkan dan bayi terus menurun.

Dinas Kesehatan Kota Palu gencar melakukan berbagai sosialiasi kepada masyarakat termasuk bagaimana menjaga pola hidup sehat, makanan bergizi dan juga aktif memeriksakan kehamilan guna mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal.

Di Kota Palu, kata Emma, rata-rata Puskesmas telah dilengkapi sarana dan prasana memadai, termasuk tenaga medis dan paramedis untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat.

Ia mengatakan hingga kini sudah ada sebanyak 12 Puskesmas tersebar di delapan kecamatan yang ada di kota itu. Masyarakat di 46 kelurahan dapat memanfaatkan Puskesmas yang terdekat untuk memeriksakan kesehatan atau berobat.

Dia juga mengimbau masyarakat hingga hingga kini belum menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk segera mengurusnya.

Menurut dia, penjadi peserta BPJS sangat penting dan besar manfaatnya bagi masyarakat mampu maupun tidak,” katanya.

Khusus mengenai kegiatan menyambut Hari Kesehatan Nasional, Emma mengatakan mulai hari ini hingga tiga hari ke depan, pihaknya melakukan operasi katarak secara gratis terhadap 50 orang penderita.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari masayarakat yang terlihat dari banyaknya pendaftar.

Berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan Dinkes Palu dalam rangka peringatan HKN ke-51 meliputi, sunatan masal, sikat gigi masal, lomba cerdas cermat kader kesehatan dan lomba penyuluhan kesehatan.

Berikutnya pemeriksaan gula darah, kolestrol dan asam urat gratis, gerak jalan santai, lomba kepatuhan kawasan tanpa rokok dan senam kebugaran tubuh.

Pemkot Palu, kata Emma juga akan memberikan hadiah dan penghargaan bagi berbagai kegiatan dan mereka yang berprestasi dan berjasa dalam bidang kesehatan di kota itu.

“Semua hadiah maupun penghargaan akan diserahkan pada puncak acara HKN ke-51 yang dipusatkan di lapangan Balai Kota Palu pada Kamis (12/11),” kata dr Emma. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: