2016, Palu-Donggala-Sigi Dilayani Angkutan Massal Transpadagi

Palu – Pemerintah Sulawesi tengah (Sulteng) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng mencanangkan sarana transportasi massal berupa pengadaan bus angkutan umum untuk rute Palu, Dongala dan Sigi atau Transpadagi yang direncanakan bakal beroperasi pada 2016 dengan dua koridor.

“Saat ini Dishub tengah mengupayakan sarana pendukungnya, seperti sumber daya manusia, Infrastruktur dan halte. Kita targetkan tahun 2016 sudah beroperasi melayani penumpang sesuai jalur yang ditentukan,” kata Kepala Dishub Sulteng Hindro Surahmad kepada Metrosulawesi, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/11/2015).

Adapun sumber anggaran untuk pengadaan transportasi massal berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk nominal nilai anggarannya hingga saat ini masih dalam tahap pengangaran.

“Jadi pengadaan busnya oleh Kementerian Perhubungan atau pusat dan itu sudah ada. Untuk tahap pertama kita operasikan 20 unit. Terkait waktu pastinya mulai beroperasi belum ada, tapi diusahakan awal atau pertengahan tahun,” ucap Hindro.

Lebih jauh ia mengatakan, tujuan utama diadakannya Transpadagi tersebut adalah untuk mencegah terjadinya kemacetan di Sulteng, khususnya kawasan Donggala, Palu dan Sigi. Kehawatiran itu diungkapkan karena melihat jumlah kendraan pribadi di Sulteng khususnya di Kota Palu yang semakin meningkat, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Resikonya kalau semua masyarakat menggunakan angkutan pribadi akan macet, harapan kita setelah adanya Transpadagi, masyarakat bisa beralih untuk mengurangi kemacetan tadi,” tuturnya.

Namun demikian, Hindro memastikan, Transpadagi tidak akan ‘mematikan’ usaha angkutan kota (Angkot) yang ada di Palu. Ia meminta para supir tidak khawatir, hal itu diyakinkan berdaserkan rute yang akan dilalui Transpadagi yakni lintas kabupaten.

“Angkot silahkan tetap beroperasi, bukan mau menggantikan, kita hanya menyiapkan transportasi yang lebih baik dan lebih cepat. Selain itu angkot saat ini sudah mulai berkurang karena banyaknya pengguna kendraan pribadi,” pungkasnya.MS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: