Tim Pemenangan Masih Temukan Kekeliruan Surat Suara

Palu – Tim pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah masih menemukan kekeliruan spesimen surat suara yang diperlihatkan Komisi Pemilihan Umum Sulteng di Palu, Senin.

Husin Alwi, sekretaris tim calon nomor urut 1 Rusdi Mastura-Ihwan Datu Adam, menemukan ada beberapa hal yang mesti diperbaiki, di antaranya kesalahan huruf pada nama calon gubernur nomor urut 1.

Pada spesimen tertulis `Rusdi Mastura`, seharusnya huruf `i` diganti dengan `y`.

Sementara calon urut 2 Longki Djanggola-Sudarto diwakili oleh Stivan Sandagang meminta penulisan tanda baca pada titel calon wakil gubernur Sudarto, diubah. Dalam spesimen tertulis H. Sudarto, SH, M.Hum. Pihaknya meminta agar ditambah titik (.) setelah tanda koma (,) di belakang titel SH, sehingga menjadi H. Sudarto, SH., M.Hum.

Beberapa waktu lalu, Stivan mempersoalkan tata letak penulisan nama calon gubernur Longki Djanggola yang terpisah. Dalam spesimen tertulis Drs. H. Longki di bagian atas dan Djanggola, M.Si, di bawah. Dia ingin nama itu disambung menjadi satu.

Ketua KPU Sulteng Sahran Raden menyatakan, surat suara tersebut aman dan diyakini tidak bisa digandakan oleh pihak mana pun. Di dalam surat suara itu ada tanda khusus yang hanya diketahui KPU.

“Semua proses dilakukan baik cetak saat ini akan diawasi oleh KPU dan kepolisian serta Bawaslu. Demikian juga jika tim pemenangan untuk ikut mengawasinya secara langsung,” katanya.

Setelah proses koreksi dilakukan, KPU dan tim pemenangan sepakat untuk bersama-sama datang ke perusahaan percetakan PT Pura Baru Tama di Kudus untuk melihat langsung hasil cetakan yang telah dikoreksi itu. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: