Pemkot Palu Belum Miliki Data Pencemaran

Palu – Pemerintah Kota Palu belum memiliki data mengenai pencemaran yang berdampak pada kerusakan ekologis dan daerah aliran sungai di daerah tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Palu Dharma Gunawan Mochtar, Sabtu, mengemukakan Pemkot Palu belum melakukan penelitian atau serta pengamatan terkait pencemaran dan kerusakan ekologis serta DAS Palu.

“Secara kelembagaan pemkot belum memiliki data pencemaran dan kerusakan, tetapi mungkin individu atau kelompok baik pemerintah maupun akademisi, pernah melakukan penelitian terhadap hal itu,” kata Gun, sapaan akrab Dharma Gunawan.

Dirinya mengakui DAS Palu telah mengalami perubahan seiring dengan tuntutan pembangunan di daerah masing-masing.

Hal itu, sebut dia, berpotensi memberikan dampak kerusakan atas lemahnya pengendalian DAS, yang kemudian memberikan efek pada matinya ekologis teluk Palu, yang disebabkan oleh sedimentasi yang dialiri Sungai Palu.

Kerusakan DAS dan punahnya ekologis, menurut dia, dipengaruhi oleh adanya kegiatan penambangan di sekitar DAS Palu.

Di sisi lain, limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan masyarakat turut menjadi faktor penunjang rusaknya ekologi.

“Oli yang berasal dari bengkel, ketika dibuang ke drainase maka itu akan bermuara ke Sungai Palu, maka itu memberikan efek kepada ekologi. Selain oli, beberapa kategori limbah lainnya, juga menjadi penunjang punahnya ekologis,” ujarnya.

Dia mengutarakan penanganan dan pencegahan terjadinya kerusakan DAS serta melindungai ekologis, diimplemntasikan lewat kegiatan SKPD yang termuat dalam rencana kerja SKPD masing-masing.

Tetapi, katanya, kerusakan DAS dan ekologis di bagian hilir, juga disebabkan adanya aktivitas penebangan hutan dan penambangan di bagian hulu Kabupaten Sigi.

Lanjut dia, kerusakan yang terjadi tidak menjadi tanggung jawab pemkot semata, melainkan juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Sigi dan Provinsi Sulteng melalui SKPD masing-masing.

“Balai Wilayah Sungai Kementerian Pekerjaan Umum serta Pemkab Sigi memiliki andil yang besar dalam upayah penanganan kerusakan DAS dan ekologi,” katanya. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: