Bawaslu Latih Jurnalis dan Mahasiswa Awasi Pilkada

PALU – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah mulai Kamis pagi hingga Sabtu, melatih para jurnalis dan mahasiswa pada pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015.
Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah Ratnadewi Pettalolo mengatakan pelatihan ini dilakukan untuk membekali para mahasiswa dan jurnalis dalam hal pengawasan.
“Mahasiswa merupakan agen perubahan. Peran mahasiswa dalam pengawasan pilkada sangat dibutuhkan untuk melahirkan hasil pilkada yang bersih. Demikian pula jurnalis. Dari karya-karya jurnalis di berbagai jenis media sangat penting untuk kepentingan masyarakat,” kata Ratnadewi saat membuka Pelatihan Pengawasan Bagi Jurnalis dan Mahasiswa di Hotel Mercure Palu, Kamis pagi (5/11).
Jurnalis, kata Ratnadewi dituntut mampu melahirkan tulisan-tulisan yang benar-benar sesuai dengan fakta yang terjadi.
“Tidak dapat dipungkiri saat ini media tidak terlepas dari kepentingan industri. Tetapi, meski demikian, peran media sebagai control social juga tidak bisa diabaikan,” tegas Ratna.
Pelatihan pengawasan bagi jurnalis dan mahasiswa ini akan diisi dengan materi-materi terkait pengawasan. Narasumber berasal dari internal Bawaslu Sulawesi Tengah dan satu orang jurnalis senior dari Harian Republika Jakarta.KABARSELEBES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: