Mahasiswa Harus Peka Keadaan Sosial

Palu – Mahasiswa merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan masyarakat sebagai agen perubahan, maka tak selayak seorang mahasiswa bersikap acuh tak acuh terhadap suatu keadaan, karena mahasiswa juga memiliki tanggung jawab untuk mengawal pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

Hal itu diungkapkan Ramadhan, mahasiswa IAIN Palu yang menjadi pemateri dalam pengajian rutin mingguan yang diadakan Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Alumni Tinombo (Hipmalti) di bundaran taman Universitas Tadulako (Untad), Sabtu (31/10/2015).

Pengajian yang mengambil tema “Memaknai Eksistensi dan Fungsi Mahasiswa” tersebut dihadiri sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Palu dan berlangsung cukup menarik karena diskusi tersebut berlangsung dengan interaktif.

“Saya kira tidak ada jalan lain, sebagai mahasiswa kita harus menggunakan jalan kebersamaan yang bernama organisasi sebagai wadah dalam berjuang dan bergerak,” tegas Indah salah seorang peserta kajian.

Hal senada juga diutarakan Yayan, salah seorang mahasiswa Fakultas Keguruan Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako yang menyebutkan bahwa hari ini harusnya mahasiswa lebih peka terhadap kondisi sosial yang terjadi.

“Kita tidak boleh terlena teman-teman, banyak persoalan bangsa dan juga kebijakan kebijakan pemerintah yang mestinya kita kawal dan kritisi bersama kalau itu memang tidak berpihak kepada rakyat,” ujarnya.

Menurut koordinator kegiatan Haris yang juga merupakan salah satu pengurus Himalti mengatakan, bahwa pengkajian ini akan terus diagendakan setiap minggu dengan tema yang berbeda, selain untuk menambah wawasan juga sebagai ajang silaturahmi bagi mahasiswa mahasiswa di Kota Palu, khususnya asal Tinombo.

“Hipmalti tidak hanya sebagai organisasi atau paguyuban mahasiswa daerah biasa, tetapi kami mencoba menjadi organisasi yang selalu mengawal setiap kebijakan kebijakan pemerintah khususnya pemerintah daerah,” ucapnya(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: