Kondisi MTs Makarti Jaya Bahodopi Memprihatinkan

Bungku – Kondisi sekolah Madrasah Tsanawiah (MTs) di Desa Makarti Jaya, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, sangat memprihatinkan.

Sejak dibangun pada 1995 silam, hingga sekarang belum pernah ada bantuan dari pemerintah daerah maupun pusat. Dalam hal ini melalui Kementerian Agama.

“Padahal ini satu-satunya sekolah berkarakter pendidikan agama, yang ada di Makarti Jaya, Bahodopi,” ujar Kepala Sekolah MTs Makarti Jaya, Haerudin, kepada Metrosulawesi belum lama ini.

Haerudin mengaku, sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah melalui Kementerian Agama. Kiranya sekolah yang dipimpinnya itu dapat dibangun sarana dan prasarana yang memadai.

“Kalau sarana pendidikan tersedia dan memadai, pasti akan berpengaruh dalam meningkatkan mutu pendidikan anak didik di sekolah,” kata Haerudin.

Dia sendiri merasa sangat prihatin dengan kondisi sekolah yang dipimpinnya itu. Kondisi sekolah masih sangat serba kekurangan, jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Morowali.

Menurutnya, sejak dirinya diangkat menjadi kepala sekolah MTs Makarti Jaya, kurang lebih 10 tahun, sudah beberapa kali mengajukan proposal ke pemerintah daerah.

Melalui proposal tersebut, dia berharap sekolah yang dipimpinnya itu mendapatkan bantuan perbaikan atau rehabilitasi gedung sekolah. Namun, hingga sekarang tak juga kunjung terealisasi.

Bahkan, kata dia, tunjangan profesi guru untuk triwulan III dan IV tahun 2014, hingga sekarang belum juga dibayarkan.

Disebutkan Haerudin, MTs Makarti Jaya memiliki 60 siswa, dan tenaga pengajar atau guru berjumlah 12 orang, termasuk guru honorer. Sedangkan ruangan berjumlah 5 ruang, yang terdiri dari 3 ruang kelas, 1 ruang kantor, dan 1 ruang guru.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: