Musim Hujan, Harga Jual Garam Talise Naik

Palu – Hj Ani Rumpo (59 Tahun) yang sehari-harinya berjualan garam di Kawasan pegaraman Talise kepada Metrosulawesi Jumat (30/10/2015) mengatakan, jika masuk musim penghujan biasanya berdampak kepada harga garam yang biasanya mengalami kenaikan.

“Biasanya kalau mulai hujan-hujan terus, harga garam yang biasanya kita jual Rp50 ribu sampai Rp55 ribu per karung, biasanya naik menjadi kurang lebih Rp 80 ribu bahkan bisa sampai Rp100 ribu per karung,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan hal itu terjadi karena pada musim penghujan, tingkat kesulitan pembuatan garam menjadi tinggi, dan biasanya hasil produksi garam yang dihasilkan petani juga menjadi sedikit berkurang.

“Kalau hari-hari biasa itu biasanya laku 4 sampai 5 karung, tapi kalau musim penghujan kita mengantisipasi kekurangan stok garam,” ujarnya.

Pantauan Metrosulawesi selama 3 hari terakhir, Kota Palu sudah mulai diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang utamanya pada malam hari. Namun belum bisa dipastikan apakah Palu sudah memasuki musim penghujan atau belum.(ms_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: