PLN Belum Layani Permintaan Sambungan Baru

PALU-PT PLN untuk sementara ini belum melayani pemasangan baru sambungan listrik karena kapasitas daya terpasang belum memadai.

“Daya yang ada saat ini masih belum mampu memenuhi semua permintaan sambungan baru,” kata Manager PLN Area Palu, Novalince Pamuso, Selasa (27/10/2015).

Ia mengatakan permintaan sambungan baru listrik untuk area sistem kelistrikan “palapas” (Palu, Donggala, Parigi dan Sigi) sesuai data yang ada di PLN setempat saat ini sekitar 45 kilo volt ampere (KVA).
Kebutuhan daya sebesar itu, belum mampu dipenuhi oleh PLN dengan kemampuan daya terpasang sejumlah pembangkit listrik, termasuk Pembangkit Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk sistem palapas hingga kini masih belum memadai.

Ketersediaan daya saat ini masih pas-pasan sehingga tidak memungkinkan bagi PLN untuk melayani kebutuhan pemasangan baru.
“Kita saat ini belum bisa melayani sambungan baru listrik karena masih keterbatasan daya,” katanya.

Dia berharap dua unit PLTU baru milik PT Pusaka Jaya Power (PJPP) secepatnya beroperasi pada 2016. Begitu pula pasokan daya dari PLTA Poso bisa ditingkatkan.

Kalau hanya mengandalkan pasokan daya dari sejumlah PLTD milik PLN, Novalince mengatakan tidak mungkin terjadi karena mesin-mesin pembangkit itu sudah menurun kemampuannya.

“Yang bisa diandalkan sekarang ini untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat hanyalah dari PLTU dan PLTA,” kata dia.

Karena itu, kata dia, ke depan, PLN akan meningkatkan travo gardu induk (GI) Sidera di Kabupaten Sigi agar pasokan daya dari PLTA Sulewana bisa ditingkatkan secara memadai sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik di daerah ini. ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: