Distribusi Jatah Rastra Belum Merata

PALU-Pembagian Jatah rastra ke 13 dan 14 untuk rumah tangga sasaran (RTS) di Kota Palu, yang didistribusikan oleh Bulog Sulawesi Tengah, belum merata.

Lurah Besusu Barat Amat Djamba mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima jatah rastra ke 13 dan 14 dari Bulog.

“Kami baru menerima jatah raskin untuk dua bulan, kalau untuk jatah rastra ke 13 dan 14 itu kami belum menerimanya, kemungkinan pendistribusian dari Bulog dilakukan bertahap, tetapi pihak bulog pasti mendistribusikan jatah rastra itu ke Kelurahan Besusu Barat, tetapi kita tidak tahu kapan didistribusikan,” katanya kepada Sulteng Post, Rabu (28/10/2015).

Di tempat terpisah, Lurah Tatura Selatan Zamrud AMD mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima jatah rastra.

“Kami sudah menerima jatah rastra, untuk administrasinya warga akan dikenakan biaya yang sudah ditetapkan pemerintah pusat yaitu Rp1.600/kg, pembagian beras rastra untuk warga sudah kami lakukan beberapa waktu lalu,” katanya.

Guna kelancaran pembayaran, warga sebelum mengambil jatahnya wajib untuk membayar terlebih dahulu sesuai harga yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp1.600/kg.

Menurut Zamrud, bantuan beras subsidi tersebut sangat dibutuhkan warga, apalagi dengan kondisi sekarang ini harga beras di tingkat pengecer mulai bergerak naik akibat dampak kemarau panjang menyebabkan hasil produksi petani menurun.

“Itu sangat membantu, karena harga beras di pengecer saat ini mulai melonjak karena kemarau yang menyebabkan produksi petani menurun,” katanya.

Dengan disalurkannya jatah rastra ke-13 dan 14 paling tidak meringankan beban warga yang kurang mampu.

Sebelumnya, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Palu, Tamin Tombolotutu mengatakan jatah rastra untuk RTS di Palu dalam beberapa hari ini telah disalurkan kepada warga yang berhak menerima beras subsidi.

Silahkan warga untuk mengambil jatah rastra di kantor kelurahan masing-masing.

“Silahkan ambil jatah rastra di kantor lurah setempat,” katanya.
Di Kota Palu sekitar 13.000 RTS penerima rastra tersebar di 45 kelurahan dari delapan kecamatan di ibu kota provinsi tersebut.

Pagu rastra ke-13 dan 14 yang dialokasikan pemerintah untuk RTS di 13 kabupaten dan kota di Sulteng 2015 ini sama dengan jatah raskin sekitar 36 ribu ton. AND/ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: