Operasi Zebra Maleo, Pastikan Tri Siap Sebelum Berkendara

PALU-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu terus menggencarkan kampanye tertib berlalu lintas di wilayahnya, khususnya dalam Operasi Zebra Maleo 2015.

Setelah program pelopor keselamatan berlalu lintas, kini giliran Tri Siap menjadi program untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

KBO Satlantas Polres Palu, Ipda Timur Amboina mengatakan, warga harus memperhatikan Tri Siap sebelum berkendara.
Dia menyebutkan, yang dimaksud Tri Siap adalah, siap mematuhi peraturan berkendara, siap kondisi kendaraan, dan siap kondisi bagi pengendara.

“Tri Siap harus dipenuhi para pengendara, baik pengendara roda dua maupun roda empat,” kata dia kepada Sulteng Post.
Dia menjelaskan, para pengendara harus siap mematuhi seluruh tata tertib berlalu lintas sebelum berkendara.

Selain itu, pengendara juga wajib memeriksa kesiapan kendaraan mulai dari lampu utama, lampu sein, ban, rem, kelengkapan kaca spion dan surat-surat berkendara.

Selain mematuhi aturan dan meyiapkan kondisi kendaraan tetap oke, kondisi pengendara juga harus prima untuk menjamin keselamatan selama berada di jalan.

“Pastikan berkendara dalam keadaan sadar dan tidak dalam pengaruh minuman keras. Tidak dibenarkan berkendara sambil menggunakan telepon genggam. Jika merasa ngantuk pastikan untuk istirahat terlebih dahulu, karena pengendara memegang faktor penting untuk mewujudkan tertib dan selamat saat berlalu lintas,” tuturnya.

Dia mengatakan, Tri Siap adalah salah satu program unggulan yang dikeluarkan oleh Korlantas Mabes Polri sebagai pedoman berkendara.

Dia berharap agar seluruh masyarakat mengamalkan program tersebut.
“Jika pengendara melaksanakan Tri Siap, bisa dipastikan resiko lakalantas akan berkurang, apalagi saat ini sedang digelar Operasi Zebra Maleo. Jadi pastikan Tri Siap sebelum berkendara,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: