Kabut Asap Terbang Sampai Ujung Sulteng

Luwuk – Asap kiriman mulai menyelimuti wilayah paling timur Sulteng di Kabupaten Banggai. Kepulan asap itu selain kiriman asap dari Papua dan Maluku, juga diakibatkan kebakaran hutan yang terjadi di Banggai. Akibatnya, aktifitas penerbangan dari Luwuk terganggu.

Kabut asap tersebut mulai dirasakan oleh warga Banggai sejak sepekan terakhir ini. Menurut BMKG Banggai, kabut asap mulai menyelimuti kota sehingga jarak pandang 4 hingga 5 kilometer.

Selain kiriman asap yang berasal dari Papua dan Maluku, kabut asap juga terjadi akibat kebakaran lahan, sehingga BMKG Kabupaten Banggai menyatakan, ada empat titik lokasi kebakaran lahan hingga Sabtu sore lalu.

Selain itu, pada Jumat (23/10/2015) lalu, asap pekat menyelimuti wilayah Bandar Udara Sukuran Aminudin Amir, sehingga mengakibatkan sejumlah maskapai penerbangan pada sore hari dengan tujuan Luwuk-Makassar dibatalkan.

“Kami berharap terhadap pemerintah daerah maupun pusat agar bantuan penanggulan bencana asap untuk Indonesia bagian timur perlu diperhatikan,” kata petugas BMKG Banggai, Ali Mustafa, Sabtu (24/10/2015).

Karena selain asap kiriman kata Ali, untuk wilayah Banggai terdeksi empat titik terjadi kebakaran hutan, serta tanaman milik warga hingga ribuan hektar.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: