Antisipasi ISPA, Dinkes-SatLantas Bagikan Masker ke Warga

POSO-Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Poso akan segera hilang.

Karena itu, Dinas Kesehatan setempat melakukan antisipasi munculnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atut (ISPA) dengan membagikan seribuan masker kepada warga.

Pembagian masker dikhususkan kepada pengendara roda dua, roda empat yang melintas di Jalan Pulau Kalimantan, Gebang Rejo dan Poso Kota.

Setiap pengendara pun mendapatkan masing-masing satu masker dari para pegawai dinas kesehatan.
Para patugas pun turut membantu memasangkan masker kepada setiap pengguna jalan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Kesehatan pada dinas itu Risa Rerungan mengaku sejauh ini dari data dinas setempat kabut asap yang menyelimuti Poso masih dalam status mengkhawatirkan.
karena itu kata dia, untuk mengantisipasi kabut asap yang semakin memburuk, Dinkes membagikan masker yang diharapkan warga bisa memakainya serta berpartisipasi untuk mengantisipasi adanya penyakit ISPA.

“Kabut asap yang terjadi di Poso saat ini masih aman, sehingga untuk terjadinya kabut asap yang akan memburuk, kami mengharapkan warga bisa berpartisipasi untuk memakai masker ini untuk tidak terkena penyakit ISPA,” ujarnya, Selasa (27/10).

Tak hanya pegawai Dinas Kesehatan yang peduli, aparat Satuan Lalu Lintas Polres Poso yang menggelar Operasi Zebra Maleo 2015 juga ikut membagi-bagikan masker, mereka pun ikut memasangkan masker kepada setiap pengendara.

Kasat Lantas Poso AKP Alfian Joan Komaling mengatakan, selain antipasi ISPA, pembagian masker ini juga memberikan kenyamanan terhadap pengendara, karena saat ini jarak pandang sudah mencapai lima ratus meter.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan para pengendara untuk selalu menyalakan lampu kendaraanya guna menghindari kecelakaan.

“Kami ikut bersama-sama untuk membagikan masker kepada pengendara, ini bentuk kepedulian kami agar warga terhidar dari penyakit ISPA, saat ini akibat kabut asap sangat mengkhawatirkan untuk pengendara, operasi zebra ini kami manfaatkan untuk membagikan masker,” kata Kasat Lantas AKP Alfian Komaling disela-sela pembagian masker.

Kegiatan membagikan masker ini, tak hanya di lakukan di wilayah Poso Kota, beberapa wilayah di Poso yang terkena dampak kabut asap karena kebakaran hutan juga saat ini telah dibagikan masker baik di puskemas-puskesmas maupun di rumah-rumah warga.

Dalam sepekan ini, Kabupaten Poso diselimuti partikel asap putih, selain karena kebakaran hutan yang mencapai 729 hektar lahan di wilayah itu, juga adanya asap kiriman dari luar wilayah Poso.(sultengpos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: