Pelabuhan Donggala Tidak Pindah, Tapi Difungsikan Kembali

Donggala – Pelaksana tugas harian (Plh) Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Donggala Ta’rifin Masuara menuturkan, sejak awal dirinya meluruskan kepada Bupati Donggala Kasman Lassa, bahwa tidak ada pemindahan pelabuhan dari Pantoloan ke Donggala.

Kalau pelabuhan Pelni Pantoloan dipindahkan ke Donggala kata dia, hal itu masih sulit terwujud sebab konstruksi pelabuhan Donggala yang ada saat ini belum sesuai dengan kapasitas kapal Pelni yang berbobot ribuan ton itu.

“Waktu Bupati mengatakan memindahkan pelabuhan Pantoloan ke Donggala, orang yang pertama mengoreksi itu saya. Saya katakan kepada Bupati saat itu, pak bukan dipindahkan, tapi mengfungsikan kembali pelabuhan Donggala dengan meningkatkan statusnya,” kata Ta’rifin di hadapan komisi I dan III DPRD Donggala, Kamis (22/10/2015) lalu.

Sebagai prajurit kata Ta’rifin, dirinya selalu memberikan masukan kepada Bupati Donggala. Menurut Kabid Kelautan ini untuk mencapai pelabuhan utama, tapi infrastrukturnya harus ditingkatkan terlebih dahulu.

“Secara teknis, infrastruktur pelabuhan yang ada sekarang ini, tidak bisa disinggahi kapal sejenis Tampomas. Dermaga kita bisa runtuh karena konstruksinya bukan untuk kapal sejenis itu. Yang bisa berlabuh hanyalah jenis kapal perintis,” jelasnya kepada DPRD.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: