Empat Cara Pemkot Palu Tangani Macet

Palu – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palu mengedepankan empat langkah sebagai pendekatan dalam menangani kemacetan lalu lintas yang semakin meningkat di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

Empat langkah tersebut, kata Kepala Dishubkominfo Kota Palu Ajenkris yang dihubungui Minggu, ialah rekayasa jalan, menekan pola pergerakan kendaraan, penerapan andalalin, dan peningkatan sarana lalu lintas.

Menurut dia, rekayasa jalan menjadi pendekatan utama karena pertumbuhan kendaraan tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan. Akibatnya, macet mulai terasa di beberapa ruas jalan dan diwaktu tertentu, seperti di depan Mall Tatura Palu (MTP).

Titik tersebut menjadi fokus mengkajian penanganan macet yang dilakukan Dishubkominfo bersama Forum Lalu Lintas Kota Palu.

“Kami akan memberlakukan arus satu arah di depan mal Tatura. Kendaraan roda dua dan empat akan melewati satu arah di Jalan Emi Saelan, serta kendaraan yang keluar dari MTP, langsung diarahkan ke Jalan Tanjung Manimbaya dan Tanjung Satu, tidak dibenarkan menuju Emi Saelan,” ujarnya.

Saat ini jumlah kendaraan di Kota Palu mencapai sekitar 450 ribu unit, melebihi jumlah penduduk sekitar 360.000 jiwa. Hal itu membuat Pemkot harus menerapkan Analisis Dampak Lalulintas (Andalalin) atas pendirian sebuah bangunan, berupa hotel dan lainnya.

Menurut dia, salah satu penyebab macet adalah pendirian bangunan yang tidak dilengkapi dengan fasilitas parkir.

Pemkot juga akan mengembangkan pola pergerakan kendaraan dengan memaksimalkan fungsi terminal serta jalan arteri primer dan sekunder.

“Kita tidak bisa menekan penjualan kendaraan, sebab itu menyangkut regulasi, yang menjadi kewenangan pusat. Olehnya, kita hanya berupaya mencegj kemacetan dengan pola pergerakan kendaraan,” sebutnya.

Selain tiga cara itu, penanganan macet harus ditunjang dengan ketersediaan sarana prasarana. Salah satu sarana yang harus disiapkan oleh pemerintah yakni lampu pengatur lalu lintas di setiap simpang yang dianggap berpotensi menimbulkan kemacetan. (ANTARASULTENG.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: