Disdikbud Sosialisai Pendidikan Gender Berbasis IT

Palu – Sebanyak 33 guru SMP-SMA se-Kabupaten Tojo Una-Una serta 9 guru SMP dan SMA Kota Palu mengikuti sosialisasi Pendidikan Gender Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diselengarakan UPT TIK Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (22/10/2015).

Kepala UPT TKIP H Maimun Lawira mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Hotel Parama’Su tersebut diselenggarakan selama dua hari.

“Bila kita mendengar kata gender, maka selalu diidentikkan dengan kaum perempuan dan laki-laki, bila kita mengaitkan gender dengan perkembangan Teknologi dan Komunikasi, saat ini masih dipandang perlu untuk membuat kaum perempuan melek IT, demi meningkatkan potensi bangsa, karena TIK masih sangat dekat dengan identitas kaum laki-laki sedangkan perempuan sering hanya sebagai obyek,” kata Maimun Lawira dalam sambutannya.

Untuk itu, dengan pelatihan ini diharapkan bisa mendekatkan TIK dengan kaum perempuan, agar potensi kaum perempuan yang jumlah populasinya hampir separuh penduduk Indonesia bisa dimanfaatkan, dan bukan hanya sebagai obyek, karena perkembangan TIK berpengaruh besar terhadap berbagai sapek kehidupan termasuk dunia pendidikan.

“Maka dari itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan pelatihan TIK kepada para guru tanpa membedakan antara pria dan wanita, agar tidak ada kesenjangan ilmu antara guru wanita dan guru pria,” imbuhnya.

Maimun Lawira berharapa, agar para peserta dengan adanya sosialisai ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta, tentang apa dan bagaimana sebenarnya gender berbasis TIK.

“Buat para peserta diharapkan bisa meneruskan sosialisai ini di wilayah kerjanya masing-masing,” harapnya.(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: