Touna Peringati Hari Habitat Dunia

Ampana – Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna ambil bagian dalam Peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) 2015, dengan menggelar kegiatan penanaman ratusan pohon asuh disepanjang Jalan Tanjumbulu dan Jalan Yos Sudarso, Kota Ampama, Selasa, (19/10/2015).

Penanaman pohon yang dipelopori Dinas Pekerjaan Umum Pemda Touna menjadi pengingat pentingnya menyelesaikan berbagai masalah lingkungan hidup khususnya di Touna.

Acara yang digelar di depan Kantor PU Touna dihadiri Bupati Touna Abubakar Nophan Saleh, Ketua DPRD, Kapolres, Kejari, Perwira Penghubung Dandim Poso serta seluruh Kepala SKPD lingkup Pemda Touna.

Kepala Dinas PU, Aspan Supu mengatakan, Hari Habitat Dunia 2015 yang dirangkaikan dengan penanaman pohon asuh diruang public, adalah ruang yang dapat diakses dan dimanfaatkan seluruh masyarakat secara bebas.

“Bentuk ruang meliputi ruang terbuka jalan, jalur, pasar, taman bermain dan fasilitas publik lainya, tujuan dari HHD adalah momen untuk membahas kondisi pemukiman dan perkotaan diseluruh dunia, sebagai wujud kepedulian kebutuhan perumahan dan pemukiman layak untuk seluruh kehidupan masyarakat,” kata Aspan Supu.

Ia juga mengajak kepada seluruh pihak untuk bekerja bergerak bersama, untuk membuka ruang publik untuk bisa dinikmati bersama. Kepada Bupati Touna, Kadis PU melaporkan ada beberapa ruang publik yang telah dibangun ruang terbuka hijau di Touna dengan anggaran APBN. Diantaranya di Kecamatan Ampana Tete, di Desa Uebone, Bandara Tanjung Api dan di Kecamatan Ampana Kota.

“Kami telah bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup, bahwa jalan yang telah dibangun dari Bandara menuju ke Jompi dengan panjang kurang lebih 20 Km kan di hijaukan, dan kami akan mempersiapkan pengadaan pohonya, dimana pohon yang ditanam bukan saja sebagai pelindung tapi sebagai pohon keindahan, khusus di Ibukota Kabupaten di Ampana, ada beberapa spot lokasi yang akan kita hijaukan, dan tahun depan kita akan mulai di beberapa lokasi dan telah direncanakan ada beberapa lahan akan kita bebaskan nanti,” kata Aspan Supu.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Touna Abubakar Nophan Saleh mengatakan, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sejak tahun 1986 telah mencanangkan setiap hari Senin minggu pertama bulan Oktober untuk diperingati sebagai Hari Habitat Dunia.

“Pada peringatan Hari Habitat Dunia tahun 2015 kali ini mengusung tema “Public Space for All” atau Ruang publik untuk semua, dan tema ini dipilih mengingat pentingnya fungsi ruang publik dalam menunjang aktifitas manusia dalam keberlanjutan lingkungan diperkotaan, ruang publik yang dikelola dan dirancang dengan baik dapat memberi manfaat bagi kehidupan,” kata bupati.ms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: