Manager PT KSG di Morut Didemo Karyawan

Kolonodale – Sekitar 200 lebih karyawan PT. Kirana Sinar Gemilang (KSG) Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Lembo Raya, Kabupaten Morowali Utara, Selasa (19/10/2015), menggelar aksi demonstrasi mendesak Manager PT LSG Slamet Krismas Hutapea segera mundur dari jabatannya karena dinilai tidak lagi berpihak kepada karyawan.

Para karyawan yang datang membawa tiga spanduk besar dan puluhan pamflet menyampaikan 12 tuntutan. Koordinator Lapangan Dionisius yang juga sebagai Ketua Serikat Pekerja Perkebunan (SP-BUN) PT. KSG menilai, pihak perusahaan tidak pernah menanggapi surat yang dilayangkan karyawan ke perusahaan tersebut, sehingga mereka memilih datang menduduki Kantor PT. KSG.

Salah satu kemarahan karyawan pada Manager, kata Dionisiusi, tindakan Maneger yang tidak adil. Dimana salah satu karyawan alat berat yang kedapatan mencuri solar dua jerigen, oleh Maneger ditawarkan apakah akan diproses ke polisi atau mengundurkan diri, sehingga yang bersangkutan harus mundur.

Sementara karyawan kantor Sandi Pasaribu yang tertangkap tangan oleh Securiti di kantor tersebut, dalam pencurian dua truk pipa yang dijual di Lembar Satu, tidak diberi tindakan apa-apa karena diduga hasil kerja sama Manager perusahaan tersebut.

Selain itu, koordinator lapangan ini juga meminta kepada pihak perusahaan, selain mengganti Manager, juga menuntut tunjangan beras, bonus produksi, tunjangan kesehatan, tunjangan pendidikan anak, hentikan intimidasi, revisi PKB, bayarkan lembur, tunjangan pensiun, berikan THR bagi BHL, SKU-kan BHL dan perbaiki fasilitas kerja.

Bahkan sejumlah karyawati yang ikut demo sempat mengaku, ada mobil ambulance milik perusahaan yang selama ini selalu dipinjamkan untuk tindakan melarikan orang sakit ke rumah sakit terdekat. Namun sejak Manager baru dipegang Slamet Krismas Hutapea, mobil ambulance tersebut tidak diperbolehkan membawa karyawan yang sakit ke rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: