Dampak Sail Tomini Harus Lahirkan Pengusaha Tangkap Ikan

parigi-Pelaksanaan Sail Tomini yang menelan anggaran 1,6 T telah berlalu, kini giliran masyarakat menagih hasil dari pesta tersebut. Sebab, selain menelan anggaran dari pusat juga mendapatkan kucuran dana dari pemerintahan provinsi dan Kabupaten Parigi.

Menurut Ketua Kadin Kota Palu H. Amin Badawi, promosi besar-besaran potensi alam Sulawesi Tengah khususnya Teluk Tomini sudah sangat luar biasa, tinggal pemanfaatan dari hasil promosi itu, harus dapat menarik para pengusaha tangkap ikan untuk memanfaatkan kekayaan alam Teluk Tomini.

Namun kata H Amin, setiap pengusaha tangkap ikan itu harus memiliki pabrik pengelolaan Ikan di wilayah Sulawesi Tengah, sehingga tidak perlu mengirim hasil tangkapnya ke Tangjung Priok atau Pekalongan. “Harus di sini juga, biar PAD kita meningkat, selain itu dapat menyerap tenaga kerja yang besar, jangan hanya ditangkap di sini diolah di luar sana, salah itu,”kata Amin Badawi, Selasa (20/10).

Lanjut Amin Badawi, tidak hanya cukup mengundang pengusaha dari luar, namun juga harus dapat melahirkan pengusaha tangkap ikan sendiri, sebab hingga hari ini masyarakat Sulawesi Tengah masih sedikit sekali yang melirik usaha ini, padahal sumber kekayaan bawah laut Sulawesi Tengah sangat luar biasa, khususnya Teluk Tomini, di mana ikan dari samudra Pasifik boleh dibilang sentralnya di Teluk Tomini.

“Ini adalah tanggungjawab Pemerintah, harus bisa melahirkan pengusaha tangkap Ikan, Prusda harus ambil bagian sebagai mentor di sini, di sinilah peranan mereka, makanya harus dapat menggandeng semua pihak, duduk bersama memecahkannya,”saran Ketua DPD KUKMI Sulteng ini.

Jika tidak ada usaha dari pemeritah kata Ketua KADIN Kota Palu ini, maka itu sangat di sayangkan, termasuk pemerintahan Kota Palu juga harus ambil bagian untuk memanfaatkan hal ini, karena mengingat Kota Palu adalah ibu kota provinsi.sultengpos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: