Cegah Ispa, Dinkes Dirikan Posko Kesehatan

BANGGAI-Menyikapi bencana kebakaran lahan hingga menyebabkan terjadinya kabut asap di Kabupaten Banggai, Kepala Dinas Kesehatan Anang S Otoluwa mengaku telah mendirikan posko kesehatan ditiap desa dan membagikan 10 ribu masker di masing-masing kecamatan yang terkena dampak, guna mencegah penyakit gangguan pernafasan seperti Ispa.

“Upaya yang kami lakukan untuk cegah Ispa yakni dengan dirikan posko kesehatan dan bagikan masker,” ungkap Anang S. Otoluwa saat dihubungi Banggai Raya (Tri Media Grup), Rabu (21/10/2015).

Menurut Anang saat ini di Kecamatan Simpang Raya hampir tiap desa telah berdiri posko kesehatan dan 10 ribu masker sudah disalur di Puskesmas setempat. Begitu pula dibeberapa kecamatan lainnya yang juga kena dampak kabut asap akibat kebakaran lahan sementara didirikan posko kesehatan ditiap desa dan akan menyalurkan 10 ribu masker pada puskesmas masing-masing kecamatan.

Dengan didirikannya posko kesehaatan di tiap desa, Anang berharap masyarakat yang terkena gangguan pernafasan atau penyakit lain yang disebabkan bencana kebakaran lain dapat segera ditangani dengan cepat. Sama halnya dengan penyaluran 10 ribu masker ditiap kecamatan, diharapkan pihak puskesmas untuk membagikan masker kepada masyarakat guna mencegah Ispa akibat menghirup asap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: